Mahasiswa KPI-UIN Salatiga Belajar Branding Education UNESA dan Transformasi Digital Surabaya TV

Surabaya. Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga telah melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Di Surabaya-Bali. Di kota dengan ikon ikan sura (ikan hiu) dan baya (buaya) ini, rombongan dibagi dua dengan tujuan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Surabaya TV. Kegiatan kunjungan kampus UNESA ini menjadi upaya penambahan insight ke mahasiswa terkait kesamaan transformasi perguruan tinggi. Kondisi perkembangan perguruan tinggi menjadi PTNBH ini juga mendorong basis pelayanan terhadap stakeholder. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Dekan Fakultas Dakwah Prof. Muh. Irfan Helmy, Lc. MA didampingi Ketua Program Studi M. Fahrudin Yusuf, M.A dan para Dosen Pembimbing Lapangan. Kunjungan ini disertai 161 mahasiswa prodi KPI dengan tiga konsentrasi PR, BC, dan Jr yang diterima di Auditorium Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), area kampus Lidah (14/2).

Kaprodi Ilmu Komunikasi UNESA, Dr. Anam Miftakhul Huda, M.I.Kom menyambut dengan hangat rombongan dengan memperkenalkan konsentrasi yang dimiliki salah satunya Marketing Communication. Pada sistem perkuliahan UNESA yang terbaru adalah capaian luaran perkuliahan yang sudah dituntut untuk melakukan sistem base of project, sehingga tidak lagi seperti program pembelajaran seperti jaman saya, ujarnya. Setelah menjadi status PTNBH, UNESA dengan tagline “selangkah lebih terdepan” memiliki keunggulan salah satunya sebagai rumah para juara untuk mendorong prestasi para mahasiswa terutama olahraga.

Redaktur majalah UNESA, Mubasyir Aidi, S.Pd, juga menyampaikan prinsip pemberitaan yang pertama adalah menyelamatkan lembaga, dan kedua citra personal. Adapun problem branding yang biasa dihadapi UNESA adalah brand yang tertukar dengan universitas lain sehingga di awal strategi branding adalah peningkatan brand awarness atau pemetaan nama agar tidak tertukar.

Selain hal tesebut, Izam selaku tim humas menyampaikan prinsip medsos bukan papan pengumuman digital tapi engangment dengan follower. Siaran pers merupakan salahsatu strategi branding UNESA dengan mengangkat isu yg khas/beda. Sedangkan isu berita menjadi hasil penelitian, prestasi mahasiswa, karya mahasiswa, inovasi saat kegiatan KKN, dan lainnya yang ternyata dinanti masyarakat.

Adapun sebagian rombongan sebanyak 60 mahasiswa pada konsentrasi broadcasting melakukan kunjungan pertamanya ke Surabaya TV. Kunjungan diterima langsung oleh pimpinan Surabaya TV, Yonas Bernadus yang menyampaikan tentang suka duka dalam pengelolaan stasiun televisi lokal, terlebih lagi instrusi pemerintah terkait pemberlakuan ketentuan tv digital.

Di sana mahasiswa diajarkan bagaimana caranya untuk menjadi seorang presenter, pembawa acara, dan pelafalan dalam membacakan sebuah berita oleh Varia – Senior News Anchor. Adapun wakil pimpinan dari UIN Salatiga adalah Kajur Fakultas Dakwah Dra. Maryatin, M.Pd didampingi DPL Dr. Win Listyaningrum, M.A dan Saifullah Hasan, M.A berharap kunjungan yang dilakukan mahasiswa ini dapat mendapatkan gambaran dunia kerja sebagai bekal menghadapi lingkungan profesional penyiaran.

By fakda

Related Post