
Penyerahan Cindera Mata Mempererat Hubungan Baik Kedua Belah Pihak.
Dosen-dosen Prodi Psikologi Islam yang tergabung sebagai konselor dan psikolog pada Pusat Konsultasi dan Konseling TAZKIA LP2M UIN Salatiga melaksanakan kegiatan studi tiru (benchmarking) ke Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada Jumat, 8 Desember 2023. Kegiatan ini bertujuan mempelajari inovasi pengelolaan layanan psikologi terapan berbasis integrasi keilmuan dan nilai-nilai Islam.
Sebanyak 15 peserta mengikuti kegiatan ini yang dipimpin oleh Dr. Muna Erawati, S.Psi., M.Si. sebagai Kepala Pusat Konsultasi dan Konseling Tazkia LP2M UIN Salatiga yang sekaligus dosen di Prodi PI. Rombongan disambut langsung oleh jajaran pimpinan Fakultas Psikologi UIN Malang, yakni Dr. H. Achmad Khudori Sholeh, M.Ag. (Wakil Dekan II) dan Dr. Hj. Endah Kurniawati P., M.Psi. (Wakil Dekan III), serta kepala dan sekretaris Lembaga Psikologi Terapan (LPT), kepala laboratorium, dosen, dan tenaga kependidikan.

Fakultas Psikologi UIN Malang memfasilitasi 10 laboratorium aktif dengan struktur pengelolaan profesional, masing-masing memiliki ruang praktikum, asisten, dan kepala laboratorium. Salah satu inovasi unggulan adalah sistem remunerasi berbasis poin, yang mengaitkan aktivitas laboratorium dengan kesejahteraan SDM secara adil dan produktif.
Para dosen secara khusus mendalami pengelolaan LPT yang memberikan layanan psikologi kepada masyarakat umum melalui sistem tarif terstruktur berdasarkan jenis layanan dan status kerja sama. Sementara itu, mahasiswa memperoleh layanan konseling secara gratis melalui Laboratorium Konseling.
Benchmarking ini memberikan gambaran nyata kepada peserta dalam merancang layanan psikologi yang berlandaskan pengabdian masyarakat namun tetap profesional dan berkelanjutan dalam konteks institusi BLU. Ke depan, Uin Salatiga melalui unit-unit di bawahnya perlu mengadaptasi berbagai praktik baik dari UIN Malang, termasuk struktur kelembagaan, sistem rekrutmen, SOP layanan, hingga skema pembiayaan yang inklusif namun tetap menjaga mutu dan kesinambungan layanan.