Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga sukses menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif bertempat di Hotel Wahid Prime Salatiga (11/11/2025). Kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta, dari pelaku UMKM di Salatiga dan sekitarnya
Roviin, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama selaku penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan masyarakat, khususnya pelaku UMKM, dalam mengembangkan produk berbasis potensi lokal dan memanfaatkan pemasaran digital.
Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Bapak Abdul Aziz Nugraha Pratama, yang memberikan apresiasi atas terselenggarakannya kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah kolaborasi antara dunia akademik, pemerintah, dan masyarakat, sehingga terjadi pertukaran gagasan dan praktik terbaik dalam pengembangan usaha berbasis potensi lokal. Perguruan Tinggi tidak hanya menjadi pusat ilmu pengetahuan, tetapi juga menjadi mitra strategis dalam pemberdayaan masyarakat, terutama dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan UMKM.

Workshop ini menyajikan dua sesi materi yang sangat relevan dengan tantangan ekonomi saat ini, yang pertama materi “Strategi Pemasaran Digital untuk Pelaku Ekonomi Kreatif” yang disampaikan oleh Randy Rahman Hussen, seorang Praktisi Digital Marketing. Yang kedua materi tentang “Pengembangan Potensi Lokal Melalui Inovasi Produk Ekonomi Kreatif” yang disampaikan oleh Bayu Joko Mulyono, selaku Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kota Salatiga.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi masyarakat lokal untuk menjadi lebih produktif, inovatif, dan mandiri secara ekonomi, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals), khususnya tujuan ke-8 (Decent Work and Economic Growth).
